Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PKS Siap Berikan Sentuhan Lewat Sekolah Membangun Desa

Jumat, 19 Maret 2021 | Maret 19, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-19T12:00:29Z

 

Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Desa DPP PKS Syahrul Aidi Mazaat (Foto:Ist)


Jakarta, Detakterkini.com -- Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Desa DPP PKS Syahrul Aidi Mazaat menyatakan kesiapan PKS untuk memberikan sentuhan ke berbagai desa lewat program unggulan bidang yang dipimpinnya.


"Program unggulan kita adalah Sekolah Membangun Desa. Ini semacam training-training yang akan kita berikan kepada masyarakat desa. Ketika Sumber Daya Manusia ini bisa baik, maka potensi yang ada di desa ini akan bisa dimaksimalkan pemanfaatannya," terang Syahrul dalam wawancara di Rangkaian Puncak Rakernas PKS, Kamis (18/03/2021).


Syahrul menjelaskan Sekolah Membangun Desa ini akan dilekatkan pada daerah-daerah dan akan secara kontinu dibina.


"Kalau misal itu bisa di DPD secara mandiri, maka akan kita serahkan juga di DPD nya. Ini akan terus menerus kita bina. Jadi kader-kader yang ada di desa dan ingin berkontribusi ke desa akan kita latih. Untuk bagaimana menjadi tokoh-tokoh di desa, menjadi penggerak di desa, dan banyak hal," jelas Syahrul.


Dalam mendukung program unggulan tersebut, Syahrul mengatakan akan melakukan pendataan terkait potensi desa.


"Karena masing-masing desa itu kan punya karakter dan potensi yang berbeda-beda. Kita akan lakukan pendataan terlebih dahulu. Data yang selama ini sudah dilakukan akan kita himpun, kita sempurnakan, kemudian akan kita klasifikasi," ucap dia.


Tentunya hal tersebut dilakukan dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa dalam menggabungkan potensi sumber daya manusianya dengan potensi yang dimiliki oleh desa itu sendiri.


"Nantinya akan ada banyak pengaruhnya kepada masyarakat desa. Kesejahteraan ekonominya, kemudian peningkatan kualitas masyarakatnya, kebersihannya, dan segala macamnya," ujar Syahrul.


Syahrul mengakui ini merupakan tantangan baginya, sebab Bidang Pembinaan dan Pengembangan Desa ini merupakan hal yang baru di periode PKS kali ini.


"Karena ini bidang baru, kita menyusun program dan kegiatan yang betul-betul bisa memberikan dampak yang cukup besar sehingga menunjukkan bahwasannya PKS concern untuk membangun desa. Karena kita tahu ada lebih dari 74 ribu desa yang ada di Indonesia ini butuh sentuhan, dan insya Allah PKS akan memberikan sentuhan itu," tegas dia.


×
Berita Terbaru Update